MotoGP 2024 dibuka dengan rangkaian Tes Shakedwon yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia, 1 hingga 3 Februari 2024. Menariknya dalam rangkaian Tes Shakedown kali ini, ada pembalap reguler MotoGP 2024 yang diperbolehkan ikut serta. Berkaca kepada regulasi MotoGP, dalam Tes Shakedown tidak diperbolehkan pembalap reguler, kecuali rookie, untuk berpartisipasi.

Pada hari pertama Tes Shakedown MotoGP 2024 Sepang, Kamis (1/2/2024), sejumlah test rider turun mengaspal. Di antaranya ialah Dani Pedrosa, Pol Espargaro, Stefan Bradl, Michele Pirro, Cal Crutchlow dan Lorenzo Savadori. Ada juga Pedro Acosta dari GASGAS Tech3 yang merupakan pembalap debutan di MotoGP 2024. Meski begitu, beberapa pembalap reguler dipastikan mengikuti Tes Shakedown MotoGP 2024 Sepang.

Pembalap yang dimaksud tak lain adalah Fabio Quartararo, Alex Rins, Luca Marini dan Joan Mir. Dalam video yang diunggah akun Instagram @MotoGP, terlihat Luca Marini sudah ada di Sirkuit Sepang. VIRAL Sosok IDP, Mahasiswi Jember Digrebek Berduaan dengan Pria Beristri, Tantang Diviralkan

Sosok Bacaleg DPRD NTT dari Nasdem yang Video Tanpa Busananya Tersebar, Kini Mengundurkan Diri Survei Elektabilitas Capres Terbaru Akhir Januari, Prabowo Klaim Menang 1 Putaran di Semua Survei Cari Tahu Chat WhatsApp, Foto, Video dan Daftar Kontak Pacar, Pakai Cara Sadap WA Tanpa Scan Barcode

Sosok Manohara, Dulu Jadi Korban KDRT Pangeran, kini Tuai Sorotan karena Kesibukan Barunya yang Unik Halaman 4 Jakarta Sengit, Cek 3 Survei Elektabilitas Pilpres 2024 Terbaru, Terjawab Capres Terkuat di Ibu Kota Halaman 4 Sementara di postingan lain, nampak Fabio Quartararo siap siap ikutan tes shakedown.

"Kembali ke trek besok," tulis Quartararo dalam postingan tersebut. Dilansir laman , sejatinya pembalap reguler seperti Fabio Quartararo maupun Luca Marini, tidak diperbolehkan mengikuti Tes Shakedown MotoGP. Lantas apa yang menjadi alasan kelonggaran itu diberikan kepada pembalap asal pabrikan Honda dan Yamaha tersebut?.

Sebagaimana yang diketahui, Honda dan Yamaha mendapatkan hak konsisesi D. Hal ini termuat dalam FIM Grand Prix World Champion Regulations yang di update 16 Januari 2024. Pada poin 1.15.1.1 A tetang pembalap kontrak MotoGP, pabrikan yang mendapat hak konsesi boleh menggunakan pembalap reguler dalam tes shakedown.

Artinya Luca Marini, Joan Mir, Fabio Quartararo, dan Alex Rins boleh menjajal duluan mesin baru untuk 2024. Mereka akan turun di hari kedua pengujian alias hari ini, Jumat (2/2/2024). Menarik untuk ditunggu, apakah pengembangan YZR M1 dan RC213V mampu menunjukkan perubahan yang signifikan. Mengingat Yamaha dan Honda mengalami masalah pelik sepanjang tahun 2023. Alasan mengapa kedua pabrikan Jepang itu memperoleh hak konsensi karena tidak bisa mencapai jumlah kemenangan yang ditentukan untuk tetap berada di kategori non konsensi.

Pada Tes Shakedown MotoGP Sepang hari pertama, menempatkan Dani Pedrosa sebagai yang tercepat. Di posisi kedua ada Pedro Acosta yang menjajal RC 16 milik pabrikan Austria, KTM. Kemudian tiga teratas juga masih menempatkan pembalap penguji KTM, Pol Espargaro. Sedangkan Stefan Bradl, Michele Pirro, Cal Crutchlow dan Lorenzo Savadori, mengekor di posisi 4 7.

1. Dani Pedrosa (KTM) 2. Pedro Acosta (KTM) 3. Pol Espargaro (KTM)

4. Stefan Bradl (Honda) 5. Michele Pirro (Ducati) 6. Cal Crutchlow (Yamaha)

7. Lorenzo Savadori (Aprilia)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *