PT Telkom Indonesia Tbk kini tengah berbisnis data center. Mereka mengklaim berbeda dari perusahaan lain yang bergerak di bidang sama. Direktur Group Business Development Telkom Indonesia Honesti Basyir mengatakan, Telkom memiliki keunikan dan diferensiasi yang tidak dimiliki oleh pemain data center lain di Indonesia. "Contoh, data center itu pasti butuh connectivity. DNA aslinya Telkom itu ya connectivity.

Kita itu sekarang jumlah fiber kita itu mungkin sudah 4 kali keliling dunia," katanya dalam acara media gathering di Jakarta, Kamis (1/2/2024). "Itu karena kita juga tidak hanya bermain di lokal, tapi juga meng connect kan Atlantik dan Pasifik dengan konsorsium kabel laut kita. Satelit, fiber fiber kita yang ada di Indonesia, yang ke rumah ataupun yang jadi backbone," lanjutnya.

Selamat! Andika Kangen Band Nikah Buat Keempat Kalinya, Istri Seorang Dokter Cantik, Ini Sosoknya 'Balikin Uang Aku!' Batal Dinikahi, Gadis Depok Tuntut Eks Tunangan Rp514 Juta, Ini Awal Mulanya Fakta Asli Viral Pria Nikahi 2 Wanita Sekaligus di HST Kalsel, Ternyata Bukan Kawin Barengan

Malu! Artis Ini Nangis Ketahuan Nyolong Baju Hingga Sepatu Mahal Teman Artis, Terlilit Judi Online Sosok 5 Artis Tak Lulus SMA Tapi Bergelimang Harta dan Sukses, ada Raffi Ahmad dan Atta Halilintar Halaman 4 Ungkit soal Debat, Terjawab Sudah Siapa 'Opa opa' yang Disebut Cak Imin Sibuk Bela Seorang Pemuda?

Jakarta Sengit, Cek 3 Survei Elektabilitas Pilpres 2024 Terbaru, Terjawab Capres Terkuat di Ibu Kota Halaman 4 Jadi, Honesti menilai konektivitas merupakan salah satu keunggulan Telkom yang tidak mungkin ditandingi oleh operator data center lain. Ia kemudian mengungkap bahwa Telkom melalui entitas usahanya, PT Telkom Data Ekosistem (TDE), ingin menjadi market leader data center di Indonesia dan regional.

"Kita juga menjalin komunikasi dengan beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan Jepang juga untuk bisa memiliki data center," ujar Honesti. Ke depannya, Telkom akan membangun data center berkapasitas 50 megawatt. Adapun kini mereka telah memiliki data center dengan kapasitas setara 40 sampai 45 megawatt yang tingkat utilisasinya mencapai 70 persen. Untuk membangun data center ini, Honesti menyebut investor yang diajak dalam pembangunannya tak hanya dari yang dalam negeri.

"Investornya ga kita batasin di lokal karena emang gak banyak yang lokal. Kalau kita lihat sendiri ya hampir data centernya yang ada di Indonesia itu ya investornya di luar semua," tutur Honesti.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *